, , , ,

PRODUCT REVIEW: CLAY VARNISH - PADICO SEALER

8/12/2014

PRODUCT REVIEW: CLAY VARNISH - PADICO SEALER


Sebelumnya saya minta maaf sudah lama tidak posting lagi (kaya ada yang baca aja :p). Minggu kemarin sibuk dengan persiapan dan mudik lebaran. Minal Aidzin Wal Faidzin yahh, mohon maaf kalau ada tulisan saya yang salah :)

Sebelum lebaran kemarin saya sudah pesan varnish untuk melapisi clay dan beads saya karena ga puas mencoba dengan hanya clear nail polish dan clear pylox. Teman saya menyarankan untuk mencoba PADICO SEALER.
PADICO SEALER Semi Gloss untuk melapisi Clay

Sesuai dengan tulisan tersebut Sealer dari merk produsen PADICO dari Jepang ini fungsinya adalah untuk melapisi clay, kayu, kertas, kulit (di botol ditulis LATHER, but im sure it means leather. Bagaimana mungkin juga melapisi busa??LOL) , besi dan kain. 

Saat saya beli harganya Rp 88.000 di SMARTYHANDS. Barangnya tersedia di gudang mereka di Jepang, jadi kita harus PO terlebih dahulu. Dari Jepang sampai ke Indonesia kurang lebih 10 hari kerja sejak tanggal pembayaran.

PADICO SEALER tersedia dalam 3 jenis berdasarkan dari hasil finishingnya:
GLOSS, SEMI GLOSS dan MATTE. 

Kebetulan yang saya pesan adalah SEMI GLOSS (warna botolnya biru) dan MATTE (warna botolnya hijau). Satu botol isinya hanya 100ml, lebih banyak isi Aqua gelas yang isinya bisa 240ml. Tapi harganya berkali-kali lipat dari harga Aqua hahaha...

PADICO SEALER ini waterbased sifatnya lebih encer seperti air. Satu lagi saudaranya PADICO ULTRA VARNISH katanya memiliki sifat lebih kental.
Tapi justru karena itu rasanya cocok untuk melapisi craft gelang saya yag terbuat dari manik-manik. Kalau pakai bahan coating lain yang bersifat lebih kental, biasanya malah membuat manik-manik dan rantai gelang besi saya kaku dan posisinya mengeras. Darn, menyebalkan :( 

Cara pemakaiannya saya sapukan dengan kuas kecil, kalau langsung dicelupkan jadi malah banyak yang tersisa menempel dan dikibas-kibaskan juga malah jadi terbuang percuma. Waktu pengeringan sempurna 2-3 menit saat diluar ruangan dan terkena cahaya matahari, mungkin lebih jika didalam ruangan. Setelah kering, saya ulangi 2-3 kali agar lebih afdol hasilnya :p

Oya, untuk yang benar-benar mengingginkan hasil yang mengkilap sebaiknya pilih yang SUPER GLOSS. Jangan tanggung-tanggung pilih, menurut saya SEMI GLOSS kurang mantap.

Hasilnya akan waterproof, sehingga selain membuat karya craft kita lebih mengkilap PADICO SEALER juga membuat clay kita lebih tahan jamur (untuk clay yang terbuat dari tepung), warna dari manik-manik tidak mudah luntur jika terkena air, warna bertahan lebih lama dan besi juga jadi tidak mudah menghitam dan berkarat. 
Makanya saat melakukan coating dengan PADICO SEALER saya sarankan menggunakan sarung tangan karet. Karena jika sudah menempel ditangan atau dikuku dan terlanjur kering, yang terkena PADICO SEALER akan waterproof. Untuk yang muslim nanti bisa bikin wudhunya ga sah. Saat itu juga setelah kuku saya terkena PADICO SEALER ini, masih terlihat agak glossy. Kalau sudah kering, bersihinnya ga bisa dicuci pakai air (well, artinya bahan ini sebenarnya berfungsi dengan baik), bersihinnya harus pakai aseton atau tiner.

Intinya, saya suka PADICO SEALER ini <3
seperti ksatria berkuda yang datang menyelamatkan saya *lebay.com. Karena tadinya saya sudah putus asa nyari bahan coating untuk melapisi hasil craft saya, akhirnya saya menemukan bahan coating sempurna (untuk saat ini).

Tempat membeli PADICO SEALER:
 Source picture: Foto pribadi dan www.padico.cn


You Might Also Like

1 comments

  1. Thanks info nya, kebetulan saya baru mulai clay dan sedang mencari info untuk coating.
    karna tadi siang saya cari coating / varnish clay di salah satu toko, dan mempertimbangkan
    antara punya sculpey dan darwi. karna lebih murah saya ambil yg darwi, hampir tidak ada perbedaan dengan tidak pakai clay :(

    ReplyDelete