, , , , ,

Peralatan Clay: Clay Conditioning Machine dan Clay Roller

7/14/2014

Peralatan Clay: Clay Conditioning Machine dan Clay Roller

Banyak yang tanya mengenai peralatan apa aja sih yang dibutuhkan dalam belajar mengenai clay, khususnya Polymer Clay. Karena banyak, jadi akan saya bahas satu-satu peralatan apa aja yang biasa saya butuhkan dalam bermain clay. Termasuk juga alat penggantinya, karena menurut saya kita tidak perlu memaksakan diri langsung membeli semua peralatannya. Jangan menjadikan tidak punya atau belum punya alatnya buat kita malas untuk memulai belajar membuat clay :)

So, ini salah satu alat yang paling penting buat belajar nge-Clay:

CLAY ROLLER/ PRESS BAR
Clay Roller atau ada juga yang menyebutnya Press Bar berguna dalam proses conditioning Polymer Clay. Polymer Clay yang tadinya keras harus dilunakkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Caranya dengan digilas/ digiling/ diroll menggunakan Clay Roller ini.

Acrylic Clay Roller
Acrylic Clay Roller (Pipe)

Ada yang bentuknya seperti tongkat padat berwarna bening, ada juga yang berbentuk sepeti pipa kosong bening. Kalau saya lebih merekomendasikan yang seperti tongkat padat. Yang merk Fimo dan Sculpey harganya +- Rp 125.000an (tergantung tempat belinya), yang biasa tampa merk saya pernah lihat ada yang harganya Rp 99.000.
Clay roller yang bagus adalah yang terbuat dari bahan akrilik, sehingga polymer clay yang diroll tidak akan banyak yang menempel pada Clay Roller itu sendiri. Clay Roller bisa digantikan dengan pipa pvc biasa, namun kelemahannya akan banyak Clay yang akan menempel di pipa.

CLAY CONDITIONING MACHINE
Bersyukurlah kawan-kawan di dunia ini diciptakan Mesin untuk conditioning clay :D
Karena aslinya conditioning pakai roller atau tanggan itu agak melelahkan, apalagi yang belum terbiasa. Dijamin ngeRollnya bisa bikin tangan lumayan berotot*alah, lebay.

Clay Conditioning Machine ini digunakan untuk menipiskan dan membantu conditioning polymer clay. Tapi jangan utuh-utuh clay nya langsung dimasukkin ke dalam clay conditioning machinenya yah. Keras, susah juga hahaha...clay terlebih dahulu dipotong-potong dan dilunakkan dengan tangan/ clay roller.
Masih harus pakai Clay roller lagi??? hihihi, iya, tapi sebentar saja agar bentuk claynya dapat masuk ke clay conditioning machinenya itu. Hasilnya bisa diatur tingkat ketebalan dan ketipisan dari hasil gilingannya. Worth it kok! saya cinta banget deh sama clay conditioning machine saya ^w^
Beberapa teknik dalam polymer clay juga akan sangat mudah jika ada clay conditioning machine ini.
Clay Conditioning Machine Merk Sculpey
harganya bervariasi, tergantung merknya. Soalnya pernah lihat ada yang harga 300ribu-an sampe ada yang 1juta (>n<). Merk Fimo sih setahu saya yang harganya lumayan mahal. Mesin ini bisa diganti dengan mesin pasta (yang buat kue) namun umur mesinnya tidak akan bertahan lama. Karena sifat polymer clay jauh lebih keras daripada adonan kue.

Oke, nyambung di next post untuk peralatan clay lainnya ;)


Tempat membeli Clay Roller dan Clay Conditioning Machine online
Po's Clay Miniature
SmartyHands
Studio Manik Shop


Source Image:
http://www.secristdolls.com/inc/sdetail/9676/9680
www.sculpey.com

You Might Also Like

1 comments

  1. hai, salam kenal.. mau tanya SmartyHands itu online shop terpercaya ya? soalnya aku masih ragu..
    mau infonya ya.. thank you..

    ReplyDelete