, , ,

Perbedaan Antara Felt Dan Flannel

12/23/2013

Perbedaan antara felt dan flannel.

Para crafter newbie mungkin pernah merasakan kebingungan membedakan antara kain felt dan flannel. Di Indonesia, kalau kamu ingin belanja kain felt pasti penjualnya bingung. Kebanyakan penjual bahan di toko menyebutkain felt untuk kerajinan felt dengan sebutan kain flannel. Padahal kain felt dan kain flannel itu jelas berbeda.
Kalau kamu tanya sama Mbah Google, ketik : Flannel. Kebanyakan gambar yang muncul bukan kerajinan yang kita maksud, namun gambar kain atau baju kotak-kotak. Ngoahaha...
Tapi memang bukan Mbah Google yang ga akurat ngasi infonya, tapi kita yang salah persepsi apa itu felt. Coba kita ketik lagi: Felt. Nah, muncul deh kerajinan-kerajinan dari felt. Tinggal tambahin aja keywordsnya biar hasilnya beragam, contoh: Felt Craft atau Felt Doll, etc.

Mari kita lihat perbedaan antara kain felt dan kain flannel

Kain Felt 
kain felt adalah kain yang terbuat dari serat wool tanpa melalui proses tenun tapi dengan proses pengepresan dan kondensasi. Bahannya bersifat kaku, berbulu dan cenderung kasar. Meskipun berbulu, kain felt sangat mudah dimanfaatkan untuk kerajinan karena jika digunting tidak akan menimbulkan uraian benang di bagian tepinya. Warna, motif dan ketebalannya banyak variasi di toko kain.
Kain Felt

Contoh kerajinan dari Felt: Food Felt- Macarons

Kain Flannel
Kain flannel adalah kain yang juga terbuat dari serat wool namun melalui proses penenunan. Bahannya bersifat lembut (karena melalui proses penyikatan juga) dan hangat. Kebanyakan motif kain flannel yang tersedia di pasaran bermotif kotak-kotak (Gingham/ tartan). Saya paling senang banget pakai kemeja kotak-kotak dari bahan flannel. Adem,lembut dan ringan, enak pokoknya. makanya kebanyakan kain flannel dipakai untuk selimut bayi. Hohoho..
Kain Flannel

Kemeja dari kain flannel

Perawatan kain felt dan kain flannel sangat mudah. Kalau terkena debu, cukup dikibas-kibaskan saja. Jangan disikat dengan keras dan paksa karena dapat membuat bulu-bulunya terurai.Saya tidak menyarankan untuk dicuci kalau tidak perlu sekali (karena kena noda kotor, etc) kecuali itu baju yah, harus tetap dicuci yah. Jorok kalau ga dicuci (>.<). Cuci sama dengan perawatan baju wool atau kalau perlu Dry Clean saja :)


Referensi:
wikipedia.com
http://feltsouvenir.blogspot.com/2012/01/cara-merawat-produk-felt.html
Pictures: 
wikipedia.com, etsy.com, urbanoutfitters.com

You Might Also Like

1 comments

  1. This is a decent post Do you need to recuperate your Snoop dogg super bowl tracksuit gadget and eliminate the mistake? On the off chance that indeed, you can download SD formatter. My post helps you about how to organize a sd card.

    ReplyDelete